01 January 2013

Abstrak

GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG DIARE
 PADA ANAK BALITA DI ........................................
KABUPATEN ............................
   

Pembangunan Millenium (Millenium Development Goals/MDGs) pada tahun 2015 adalah masyarakat mandiri dan berkeadilan dengan misi meningkatkan derajat ksehatan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat. Salah satu penyakit yang dapat menyerang anak adalah diare. Penyebab kematian pada bayi dan terutama balita adalah penyakit infeksi, diare dan pneumonia. Pencegahan, deteksi dini, serta penanganan yang cepat dan tepat dapat menekan kematian yang diakibatkan penyakit ini.
Penelitian bersifat diskriptif yang dilaksanakan di Puskesmas Jeumpa Kabupaten Bireuen, pada tanggal 18-20 Juni 2012. Sampel adalah total populasi dimana seluruh ibu-ibu yang datang ke puskesmas Jeumpa dijadikan sampel. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang berisi 30 pertanyaan dalam bentuk benar dan salah.
Pengolahan data menggunakan editing, coding, tabulating. Hasil penelitian 94% berpengetahuan baik yaitu: 100% pengetahuan responden tentang pengertian dan penyebab diare berpengetahuan baik, tujuan tanda dan gejala 88% berpengetahuan baik, komplikasi 91% berpengetahuan baik, penatalaksanaan dan pencegahan 83% berpengetahuan baik.
Dengan pegetahuan yang baik diharapakan angka kejadian diare dapat menurun. Bagi ibu-ibu diharapkan dapat mencari informasi yang tepat pada petugas kesehatan agar pengetahuan tentang diare menjadi lebih baik lagi.

Kata Kunci                  : Pengetahuan, Anak Balita, Diare

0 komentar: