03 August 2012

RANCANGAN LAPORAN PEMBAYARAN GAJI DOSEN TETAP DAN TIDAK TETAP UNIVERSITAS ALMUSLIM DENGAN MENGGUNAKAN PEMOGRAMMAN VISUAL BASIC”.


BAB I
PENDAHULUAN
1.1.    Latar Belakang Masalah
Universitas Almuslim merupakan sebuah Universitas yang terletak di Matangglumpangdua Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen. Maka dalam hal ini memerlukan komperisasi dalam melaksanakan kegiatan dan aktifitas administrasi kantor sehari-hari, misalnya dalam pengimputan data-data gaji dosen Universitas Almuslim Kabupaten Bireuen agar lebih mudah, cepat dan akurat untuk menghasilkan suatu informasi dan tujuan yang diinginkan oleh Universitas Almuslim Kabupaten Bireuen.
            Pengelolaan data pembayaran gaji dosen dilakukan oleh karyawan dengan mengisi data dalam kolom-kolom form khusus yang ada pada kertas, setelah semua data selesai dikumpulkan dan dicatat selanjutnya pemdataan dilakukan oleh karyawan dengan menginputkan datanya kedalam computer tetapi juga untuk saat ini hanya mnggunakan Microsoft Word dan Microsoft Excel, sehingga dapat dikatakan pengelolaan data pembayaran gaji dosen yang masih bersifat semi komputer karena tidak memanfaatkan kemampuan mengolah data yang dimiliki komputer. Semua data yang telah ada dalam file Microsoft Word diatur sesuai kolom tabelnya dilengkapi dengan data tambahan dan dicetak dengan printer, output tersebut merupakan laporan dari pembayaran gaji dosen.

            Hasil analisa penulis selama melakukan praktek terhadap cara pembayaran gaji karyawan, memberikan sebuah kejelasan bahwa terdapat beberapa permasalahan dan kelemahan yang merupakan akibat dan kekurangan dari sistem lama tersebut. Permasalahan-permasalahan yang muncul antara lain, waktu yang digunakan untuk memasukkan data relatif lama, sering terjadinya kekeliruan dan memasukkan data, sehingga data yang dimasukkan selain tidak akurat juga tidak dapat dan akan terjadi inkonsistensi data serta menghasilkan output yang kurang informatif.
            Setelah mempelajari serta menganalisa penyusunan laporan pembayaran gaji pada Universitas Almuslim terutama sisi kekurangan-kekurangan yang terdapat pada sistem lama tersebut, maka penulis merancang suatu sistem laporan pembayaran gaji dosen dengan menggunakan bahasa pemogramman Visual basic yang dipadukan dengan menggunakan database MySQL dengan tujuan program yang penulis buat dapat memudahkan karyawan dalam mengelola data pembayaran gaji dosen serta dapat menyajikan laporan-laporan dengan akurat dan jelas. Diharapkan juga sistem baru yang akan dibuat dapat memberikan kepaktisan kerja karyawan pada tim pengelola data gaji dosen yang berada di Universitas Almuslim yang selama ini masih menggunakan sistem kerja semi komputer.
            Setelah melakukan On The Jop Training (OJT), penulis merancang dan mengimplementasikannya dalam bentuk sebuah Laporan Kerja Praktek (LKP) dengan judul “RANCANGAN LAPORAN PEMBAYARAN GAJI DOSEN TETAP DAN TIDAK TETAP UNIVERSITAS ALMUSLIM DENGAN MENGGUNAKAN PEMOGRAMAN VISUAL BASIC”. Full Download

0 komentar: