31 August 2012

Hernia


A.    Latar Belakang
Penyakit hernia, atau yang lebih dikenal dengan turun berok, adalah penyakit akibat turunnya buah zakar seiring melemahnya lapisan otot dinding perut. Penderita hernia, memang kebanyakan laki-laki, terutama anak-anak. Kebanyakan pendentanya akan merasakan nyeri, jika terjadi infeksi di dalamnya, misalnya, jika anak-anak penderitanya terlalu aktif Berasal dari bahasa Latin, herniae, yaitu menonjolnya isi suatu rongga melalui jaringan ikat tipis yang lemah pada dinding rongga. Dinding rongga yang lemah itu membentuk suatu kantong dengan pintu berupa cincin. Gangguan ini sering terjadi di daerah perut dengan isi yang keluar berupa bagian dari usus.
Hernia yang terjadi pada anak-anak, lebih disebabkan karena kurang sempurnanya procesus vaginalis untuk menutup seiring dengan turunnya testis atau buah zakar. Sementara pada orang dewasa, karena adanya tekanan yang tinggi dalam rongga perut dan karena faktor usia yang menyebabkan lemahnya otot dinding perut.
Penyakit hernia banyak diderita oleh orang yang tinggal didaerah perkotaan yang notabene yang penuh dengan aktivitas maupun kesibukan dimana aktivitas tersebut membutuhkan stamina yang tinggi.



B.     Tujuan
1.      Tujuan Umum
Dapat mengetahui tentang patologis pada penyakit hernia serta dapat mengetahui cara menangani bila mendapatkan kasus peyajit hernia.
2.      Tujuan Khusus
-          Agar mahasiswa mampu menjelaskan tentang definisi penyaki Hernia
-          Agar mahasiswa mampu menjelaskan patofisiologi Hernia
-          Agas mahasiswa mempu menjelaskan tentang etiologi Hernia
-          Agar mahasiswa mampu menjelakan tentang tanda-tanda dan gejala hernia.
-          Agar mahasiswa mampu menjelaskan tentang jenis-jenis penyakit Hernia
-          Agar mahasiswa mampu memberikan asuhan keperawatan secara komprenhensif.

C.    Manfaat
1.      Petugas Kesehatan
  1. Sebagai panduan dan masukan untuk instansi Rumah Sakit dalam peningkatan pelayanan kesehatan pada penyakit Hernia
3.      Akademik
  1. Sebagai bahan bacaan berguna bagi adik-adik dan teman-teman dalam memperdalam ilmu kesehatan yang menyangkut dengan asuhan penyakit Hernia 

5.      Penulis
  1. Penulis menjadi lebih mengerti dan memahami tentang asuhan penyakit Hernia.
7.      Masyarakat
  1. Supaya masyarakat mampu menjaga kesehatan serta paham akan asuhan penyakit Hernia demi tercapainya kelangsungan hidup dan tingkat kesehatan yang optimal.



0 komentar: