23 September 2012

Faktor-faktor yang mempengaruhi kehamilan


A.    Faktor Fisik
Faktor-faktor fisik yang mempengaruhi kehamilan dalam tiap trimester yaitu:
a.       status kesehatan
Kondisi kesehatan sangat penting dalam kehamilan, baik kondisi kesehatans ebelum atau selama kehamilan. Kehamilan dapat lebih berbahaya lagi jika wanita tersebut sedang sakit.
a.       Status Gizi
Apabila wanita hamil memiliki status gizi kurang selama kehamilannya maka ia berisiko memiliki bayi dengan kondisi kesehatan yang buruk. Dan wanita dengan status gizi baik akan melahirkan bayi yang sehat. Wanita hamil dengan status gizi kurang memiliki kategori risiko tinggi keguguran, kematian bayi dalam kandungan, kematian bayi baru lahir, cacat dan Berat Lahir Rendah. Selain itu umumnya pada ibu dengan status gizi kurang tersebut dapat terjadi 2 komplikasi yang cukup berat selama kehamilan yaitu anemia (kekurangan sel darah merah) dan pre eklampsia/eklampsia.

a.       Gaya Hidup
Gaya hidup seperti perokok, mengkonsumsi obat-obatan, alkohol adalah hal yang sangat berbahaya bagi ibu dan bayinya. Semua benda tersebut dapatterserap dalam darah bayi melalui sistem plasenta selama kehamilan.Kebiasaan/gaya hidup yang harus dikurangi/dihilangkan 
B. Faktor Psikologis
Faktor Psikologis yang turut mempengaruhi kehamilan biasanya terdiri dari :
a.       Stressor
Faktor psikologis yang berpengaruh dalam kehamilan dapat berasal dari dalam diri ibu hamil (internal) dan dapat juga berasl dari faktor luar diri ibu hamil (eksternal). Stressor dibagi menjadi dua yaitu : internal dan eksterna
Dukungan Keluarga
Ibu merupakan salah satu anggota kkeluarga yang sangat berpengaruh sehingga perubahan apapun yang terjadi pada ibu akan mempengaruhi keadaan keluarga.


0 komentar: