28 September 2015

Kanker Rahim

A.    Definisi Kanker Rahim

Kanker rahim adalah tumor ganas pada lapisan rahim (endometrium). Kanker rahim biasanya terjadi setelah masa menopause dan sering menyrang wanita yang berusia 50-60 tahun. Kanker rahim dapat menyebar ke berbagai bagian tubuh seperti indung telur, saluran telur dan sistem getah bening.
B.     Penyebab
Penyebab yang pasti dari kanker rahim belum diketahui, tetapi tampaknya penyakit ini melibatkan peningkatan kadar estrogen. Salah satu fungsi estrogen yang normal adalah merangsang pembentukan lapisan epitel pada rahim.

C.    Cara Mencegah Kanker Rahim

Kanker merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan sangat ditakuti siapa saja. Banyak jenis kanker yang dinilai cukup sulit diatasi dan gejalanya tidak mudah untuk diketahui, tanpa disadari kanker ini telah menyebar ke beberapa jaringan dan memasuki stadium lanjut, sehingga pengobatan dan pencegahan dinilai lambat.
Timbulnya penyakit kanker tidak hanya disebabkan oleh beberapa faktor penyebab seperti virus human papilloma (HPV) yang disinyalir sebagai virus dan penyebab utama dari penyakit kanker.

Kanker yang cukup menakutkan adalah kanker rahim, kanker ini hanya menyerang organ intim wanita. Organ intim memang sangat rentan terkontaminasi oleh berbagai hal serangan penyakit yang meresahkan.

0 komentar: