Anak kecil adalah pembelajar yang hebat karena mereka menggunakan seluruh
tubuh dan semua indera untuk belajar. Belajar akan selalu terhambat jika kita
memisahkan tubuh dan pikiran, mengabaikan tubuh, dan menekankan kesadaran
rasional saja sebagai pintu gerbang menuju pikiran. Bagi banyak orang, pikiran
langsung jatuh tertidur jika tidak ada kesempatan untuk melibatkan kegiatan
fisik.
Pembelajaran tidak otomatis meningkat dengan menyuruh orang berdiri dan
bergerak ke sana
kemari. Akan tetapi, menggabungkan gerakan fisik dengan aktivitas intelektual
dan penggunaan semua indra dapat berpengaruh besar pada pembelajaran.
Pembelajaran yang seperti inilah yang dinamakan dengan belajar SAVI (Dave
Meier, 2002:91).
Dalam bukunya Dave Meier (2002:91) menyebutkan beberapa unsur-unsur dalam
pembelajaran SAVI yaitu:
1. Somatis : Belajar dengan bergerak dan berbuat
2. Auditori :
Belajar dengan berbicara dan mendengar
3. Visual
: Belajar dengan mengamati
dan menggambarkan
4. Intelektual
: Belajar dengan memecahkan masalah
dan merenung
0 komentar:
Post a Comment