16 February 2013

Pendekatan SAVI untuk Belajar


Anak kecil adalah pembelajar yang hebat karena mereka menggunakan seluruh tubuh dan semua indera untuk belajar. Belajar akan selalu terhambat jika kita memisahkan tubuh dan pikiran, mengabaikan tubuh, dan menekankan kesadaran rasional saja sebagai pintu gerbang menuju pikiran. Bagi banyak orang, pikiran langsung jatuh tertidur jika tidak ada kesempatan untuk melibatkan kegiatan fisik.

Pembelajaran tidak otomatis meningkat dengan menyuruh orang berdiri dan bergerak ke sana kemari. Akan tetapi, menggabungkan gerakan fisik dengan aktivitas intelektual dan penggunaan semua indra dapat berpengaruh besar pada pembelajaran. Pembelajaran yang seperti inilah yang dinamakan dengan belajar SAVI (Dave Meier, 2002:91).
Dalam bukunya Dave Meier (2002:91) menyebutkan beberapa unsur-unsur dalam pembelajaran SAVI yaitu:
1.      Somatis           : Belajar dengan bergerak dan berbuat
2.      Auditori          : Belajar dengan berbicara dan mendengar
3.      Visual              : Belajar dengan mengamati dan menggambarkan
4.      Intelektual       : Belajar dengan memecahkan masalah dan merenung

0 komentar: