BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Kesehatan adalah keadaan
sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup
produktif secara sosial dan ekonomis. Pemeliharaan kesehatan adalah upaya
penaggulangan dan pencegahan gangguan kesehatan yang memerlukan pemeriksaan, pengobatan
dan/atau perawatan termasuk kehamilan dan persalinan.
Pendidikan kesehatan adalah
proses membantu sesorang, dengan bertindak secara sendiri-sendiri ataupun
secara kolektif, untuk membuat keputusan berdasarkan pengetahuan mengenai
hal-hal yang mempengaruhi kesehatan pribadinya dan orang lain.
Definisi yang bahkan lebih
sederhana diajukan oleh Larry Green dan para koleganya yang menulis bahwa
pendidikan kesehatan adalah kombinasi pengalaman belajar yang dirancang untuk
mempermudah adaptasi sukarela terhadap perilaku yang kondusif bagi kesehatan.
Data terakhir menunjukkan bahwa saat ini lebih dari 80 persen rakyat Indonesia
tidak mampu mendapat jaminan kesehatan dari lembaga atau perusahaan di bidang
pemeliharaan kesehatan, seperti Akses, Taspen, dan Jamsostek.
Golongan masyarakat yang dianggap
'teranaktirikan' dalam hal jaminan kesehatan adalah mereka dari golongan
masyarakat kecil dan pedagang. Dalam pelayanan kesehatan, masalah ini menjadi
lebih pelik, berhubung dalam manajemen pelayanan kesehatan tidak saja terkait
beberapa kelompok manusia, tetapi juga sifat yang khusus dari pelayanan
kesehatan itu sendiri.
Kebidanan merupakan salah satu
profesi tertua di dunia sejak adanya peradaban umat manusia. Bidan lahir
sebagai wanita terpercaya dalam mendampingi dan menolong Ibu-ibu yang
melahirkan. Profesi ini telah mendudukkan peran dan posisi seorang bidan
menjadi terhormat di masyarakat karena tugas yang diembannya sangat mulia dalam
upaya memberikan semangat dan membesarkan hati ibu-ibu. Di samping itu dengan
setia mendampingi dan menolong ibu-ibu dalam melahirkan sampai sang ibu dapat
merawat bayinya dengan baik. Pelayanan kebidanan terintegrasi dengan pelayanan
kesehatan. Selama ini pelayanan kebidanan tergantung pada sikap sosial
masyarakat dan keadaan lingkungan dimana bidan bekerja. Kemajuan sosial ekonomi
merupakan parameter yang amat penting dalam pelayanan kebidanan.
B. Tujuan
1. Tujuan Umum
Dalam kemandirian masy.dalam mengatasi
masalah pelayanan kesehatan masyarakat mencapai derajat kesehatan yang optimal
2. Tujuan Khusus
1.
Untuk dapat memahami pengertian sehat dan sakit
oleh masyarakat
2.
Untuk dapat memahami unsure-unsur gagasan dalam pelayanan masyarakat.
3.
Untuk dapat memahami keluarga rawan yang
memerlukan pembinaan dan pelayanan kesehatan.
0 komentar:
Post a Comment