05 June 2012

Penawaran dan Kesemimbangan


BAB II
PEMBAHASAN

A.    Penawaran
1.      Pengertian Penawaran
Supply (penawaran) adalah kuantitas sebuah produk yang akan dan mampu ditawarkan oleh produsen kepasar pada harga dan waktu tertentu
(DwidjoSusilo).
Fungsi penawaran merupakan persamaan matematis yang menunjukkan hubungan fungsional antara jumlah barang yang dijual produsen dengan harga barang itu sendiri. Fungsi penawaran mempunyai bentuk umum sebagian berikut :
Dimana :
Qs : Jumlah yang ditawarkan
P : Harga
Fungsi tersebut bisa dibentuk dengan menggunakan rumus matematis sebagai berikut:
Pengertian menawarkan tunduk pada hukum penawaran. Nah apakah kalian sudah paham tentang hukum penawaran? Agar kalian memahami tentang hukum penawaran. Baca uraian berikut dengan seksama !


2.      Hukum Penawaran
Hukum penawaran berbunyi, apabila harga suatu barang atau jasa naik, maka jumlah yang ditawarkan produsen akan bertambah dan sebaliknya. Apabila harga suatu barang atau jasa turun, maka jumlah yang ditawarkan produsen juga akan berkurang. Hukum penawaran tersebut Nampak bahwa antara harga dan jumlah barang yang ditawarkan produsen memiliki hubungan positif atau searah.

3.      Macam-Macam Penawaran
Penawaran mencerminkan pola perilaku produsen dalam menjual suatu jenis atau jasa tertentu. Penawaran dapat dibedakan menjadi dua yaitu : penawaran individual dan penawaran pasar. Untuk lebih mudah memahami konsep penawaran pasar, kalian pahami contoh daftar penawaran berikut ini.
Misalkan dipasar beras ada 20 orang penjual.

4.      Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penawaran
Faktor-faktor yang semula dianggap tetap tersebut berubah, maka akan menyebabkan terjadinya perubahan penawaran. Perubahan penawaran dicerminkan dari pergeseran kurva penawaran jika kurva penawaran bergeser ke kanan berarti penawaran bertambah. Maka pergeseran kurva penawaran yang kedua adalah pergeseran seluruh kurva penawaran.

B.     Keseimbangan Pasar
1.      Pengertian
Harga keseimbangan atau harga pasar (Equilibrium Price) adalah tinggi rendahnya tingkatharga yang terjadi atas kesepakatan antara produsen/penawaran dengan konsumenatau permintaan. Pada harga keseimbangan produsen/penawaran bersedia melepas barang/jasa ,sedangkan permintaan/konsumen bersedia membayar harganya. Dalam kurva hargakeseimbangan terjadi titik temu antara kurva permintaan dan kurva penawaran, yangdisebut Equilibrium Price
Keseimbangan antara Permintaan dan Penawaran akan menghasilkan suatu tingkat harga tertentu yang stabil. Pada tingkat harga tersebut, kuantitas barang yang diminta sama dengan kuantitas barang yang ditawarkan. Sedangkan tingkat harga lainnya akana mengakibatkan disekuilibrium (ketidakseimbangan pasar), dan bersifat labil (mudah sekali berubah karena tariktarikan berbagai faktor).

0 komentar: