18 July 2011

Persalinan Macet

A. Latar Belakang
Persalinan dan kelahiran normal adalah proses pengeluaran janin yang terjadi pada kehamilan cukup bulan (37-42 minggu), lahir spontan dengan presentasi belakang kepala yang berlangsung dalam 18 jam, tanpa komplikasi baik pada ibu maupun pada janin (Sarwono, 2001).
Persalinan adalah proses fisiologik dimana uterus mengeluarkan atau berupaya mengeluarkan janin dan plasenta setelah masa kehamilan 20 minggu atau lebih dapat hidup diluar kandungan melalui jalan lahir atau jalan lain dengan bantuan atau tanpa bantuan
Sering, kan kita dengar, si ibu tak bisa melahirkan normal gara-gara ada kemacetan dalam persalinannya. Sebetulnya apa sih yang dimaksud dengan persalinan macet?
Dalam dunia kedokteran, jalannya persalinan yang macet dikenal dengan istilah distosia. “Penyebabnya ada 3 hal, yaitu karena adanya kelainan pada 3P, power, passage, passenger,”
Mengapa bisa terjadi demikian? Mari kita simak lebih jauh satu per satu. His yang terlalu sering, sehingga tidak efektif. Misalnya pada pembukaan awal seharusnya his hanya 2-3 kali saja, tetapi ternyata 6 kali. “Jadi, tentu saja itu tidak bagus.”
B. Tujuan Penelitian
1. Tujuan Umum
Untuk mengetahui Gambaran Pengetahuan Ibu tentang persalinan macet atau distasia.
  1. Tujuan Khusus
a. Untuk mengetahui definisi persalinan macet.
b. Untuk mengetahui penyebab persalinan macet
c. Untuk mengetahui cara penanganan persalinan macet.

0 komentar: