06 December 2012

Tes Kemampuan Membaca


A.    Pengertian Test Membaca
Tes yang digunakan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan dalam hal memahami isi bacaan.
Membaca adalah suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan penulis melalui kata-kata dalam bahasa tulis.. Suatu proses yang menuntut pembaca agar dapat memahami kelompok katayang tertulis merupakan suatu kesatuan dan terlihat dalam suatu pandangan sekilas, dan makna kata-kata itu dapat diketahui secara tepat. Apabila hal ini dapat terpenuhi maka pesan yang tersurat dan yang tersirat dapat dipahami, sehingga proses membaca sudah terlaksana dengan baik, Hudgson (2008).
Kemampuan membaca adalah kesanggupan melihat serta memahami isi dari pada yang tertulis dengan melisankan atau hanya dalam hati .Kemampuan membaca dapat ditingkatkan dengan penguasaan teknik-teknik membaca efektif dan efisien.
Sasaran tes kemampuan membaca adalah memahami isi teks yang dipaparkan secara tertulis. Tes membaca dapat berisi butir-butir tes yang menanyakan pemahaman rincian teks yang secara eksplisit disebutkan, rincian teks yang isinya terdapat dalam teks meskipun dengan kata-kata dan susunan bahasa yang berbeda, menarik kesimpulan tentang isi teks, memahami nuansa sastra yang terkandung dalam teks, memahami gaya dan maksud penulisan di balik yang terungkap dalam teks.

B.     Tujuan Tes Membaca
1.            Untuk mengukur tingkat kognitif siswa dalam memahami wacana tulisan.
2.            Untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam hal qowaid atau kaidah.
3.            Untuk mengetahui seberapa banyak kosakata yang siswa ketahui, sehingga siswa dapar mengerti isi dari bacaan yang siswa baca.

0 komentar: