26 December 2012

Gambaran Umum Fakultas Ilmu Komputer (FIKOM)


Sejarah Singkat
Fakultas Ilmu Komputer berdiri berdasarkan SK Rektor Universitas Almuslim Bireuen-NAD dengan Nomor : 561 / SK / Unimus / KL. 2008 tentang pembentukan Fakultas Ilmu Komputer (FIKOM) Universitas Almuslim Bireuen-NAD, Program Studi yang terdapat di dalamnya terdiri dari program studi Manajemen Informatika (D3) dengan SK Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor : 02 /D / 0 / 2003 tentang pendirian Universitas Almuslim di Bireuen-NAD dan Penambahan ijin Penyelenggaraan program studi baru dan Program studi Teknik Informatika (S1) dengan SK Direktorat Jenderal Pendidikan Nasional RI Nomor : 2127/D/T/2008 tanggal 11 Juli 2008 tentang izin Penyelenggaraan Program Studi Teknik Informatika (S1) Universitas Almuslim Bireuen-NAD.


 Sruktur Organisasi
Setiap instansi mempunyai struktur organisasi agar dapat memperjelas batas wewenang dan tanggung jawab satu bagian yang lainnya, sehingga memungkinkan pembagian tugas dan wewenang yang baik guna memudahkan pelaksanaan tugas dan tanggung jawab dalam mencapai tujuan.
Sebelum kita melihat struktur organisasi Fakultas Ilmu Komputer, terlebih dahulu kita harus mengetahui pengertian dari struktur organisasi dan organisasi. Struktur adalah usaha kerangka yang mewujudkan pola-pola tetap dari hubungan diantara bidang kerja maupun orang-orang yang menunjukkan kedudukannya, wewenang dan tanggung jawab dalam suatu sistem kerja. Organisasi adalah wadah kegiatan dari pada orang bekerjasama dalam usahanya untuk mencapai suatu tujuan.
Struktur organisasi merupakan kerangka dasar dari kegiatan orang-orang yang bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan, dengan adanya kerjasama tersebut akan ditentukan sasaran tugas dan tanggung jawab dan juga hubungan diantara tugas-tugas tersebut dari segi pertanggung jawabannya.
Penyusunan struktur organisasi merupakan salah satu unsur penting sebab dengan adanya struktur organisasi itu dapat ditetapkan suatu pembagian tugas dan wewenang serta tanggung jawab yang jelas dari masing-masing bidang, Instansi pemerintah maupun swasta selalu membuat struktur organisasi yang berbeda-beda yang berdasarkan kepada kepentingan dan tujuan yang ingin dicapai.
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Almuslim menyelenggarakan Program Pendidikan Sarjana (S-1) Teknik Informatika dan Program Studi Manajemen Informatika (D3).
Dalam Penyelenggaran pendidikan, Fakultas ILmu Komputer Merujuk Pada usaha pencapaian visi dan misi yang di wujudkan dalam implementasi kurikulum yang terstruktur, fasilitas dan infrastruktur, proses pembelajaran, sumber daya mahasiswa, doseen dan karyawan.
Struktur Organisasi Fakultas Ilmu Komputer sebagai pelaksana akademi dari Universitas Almuslim Bireuen-NAD mengacu pada SK-Rektor Universitas Almuslim Bireuen-NAD dengan Nomor : 561 / SK / Unimus / KL. 2008 tentang Statuta Universitas Almuslim Bireuen-NAD, yang terdiri atas senat fakultas, pimpinan fakultas, program studi dan pelaksana administrasi.

0 komentar: