A. Pengertian SMART
SMART (Simple Multi – Attribute Rating Technique )
merupakan metode pengambilan keputusan multi kriteria yang dikembangkan oleh
Edward pada tahun 1977. Teknik pengambilan keputusan multi kriteria ini
didasarkan pada teori bahwa setiap alternatif terdiri dari sejumlah kriteria
yang memiliki nilai – nilai dan setiap kriteria memiliki bobot yang
menggambarkan seberapa penting ia dibandingkan dengan kriteria lain. Pembobotan
ini digunakan untuk menilai setiap alternatif agar diperoleh alternatif
terbaik.
SMART menggunakan linear additive model untuk meramal
nilai setiap alternatif. SMART merupakan
metode pengambilan keputusan yang fleksibel. SMART lebih banyak digunakan karena kesederhanaanya
dalam merespon kebutuhan pembuat keputusan dan caranya menganalisa respon.
Analisa yang terlibat adalah transparan sehingga metode ini memberikan
pemahaman masalah yang tinggi dan dapat diterima oleh pembuat keputusan.
B. Tujuan SMART
Tujuan dengan Metode SMART adalah :
SMART berarti
tujuannya tersebut spesifik dan terukur (Specific and Measurable), dapat
diraih/realistis (Attainable), relevan dan berjangka waktu (Relevant and
Timely).
Spesific : spesifik
Tujuan harus detail atau terinci, sebab semakin
spesifik tujuan yang kita tetapkan, semakin jelas apa yang harus kita kerjakan
untuk mencapai tujuan tersebut, Anda harus membayangkannya.
Measurable : terukur
Tentukan tujuan
yang terukur sehingga Anda bisa menentukan perkembangannya secara spesifik.
Misalkan Anda seorang marketing atau sales.
Misalkan tujuan
yang hendak Anda capai pada tahun kedua Anda menjadi the best marketing , dst.
Pepatah kuno berkata sesuatu yang bisa diukur, pasti bisa dicapai.
Attainable : Bisa Dicapai
Ingat semakin
spesifik tujuan yang Aanda tetapkan, semakin mudah Anda menentukan apa yang
harus Anda lakukan. Anda akan mendidik diri untuk mencapai tujuan itu
Realistic : Realistis
Kita tetap harus
sadar sepenuhnya dalam menentukan tujuan agar tetap realistis.
Meskipun
demikian, memiliki impian tetaplah realistis. Tetapi Anda harus tetap
memperhitungkan hasil yang akan Anda dapatkan atau cara untuk menggapai impian
itu. Jika tidak ada kemampuan untuk meraihnya, itu yang dikatakan tidak
realistis.
Time Bound : Terikat Waktu
Hal ini adalah sesuatu yg penting. Setiap tujuan harus
memiliki dateline. Ini untuk mencegah tujuan Anda molor dari waktu ke waktu.
0 komentar:
Post a Comment