27 June 2012

Gambaran Pengetahuan Remaja tentang Kehamilan Usia Dini di XXXX


BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang
Kesehatan reproduksi merupakan keadaan sejahtera fisik, mental, dan sosial secara utuh, yang tidak semata-mata bebas dari penyakit atau kecatatan, dalam semua hal yang berkaitan dengan sistem reproduksi, serta fungsi dan prosesnya (Depkes, 2001)
Masa remaja merupakan masa transisi yang ditandai oleh adanya perubahan fisik,emosi dan psikis serta terjadinya kematangan seksual atau alat-alat reproduksi yang berkaitan dengan sistem reproduksi,yang merupakan suatu bagian penting dalam kehidupan remaja sehingga perlu perhatian khusus,karena bila timbul dorongan-dorongan seksual yang tidak sehat akan menimbulkan perilaku seksual yang tidak bertanggung jawab. (Widyastuti et al., 2010) 

Kehamilan remaja adalah kehamilan yang belangsung pada usia 11-18 tahun. Kehamilan yang terjadi pada usia remaja bukan hanya bermasalah karena kematangan fisik belum sempurna, tetapi juga karena pendidikan rendah, sosialisasi kurang, konflik dengan keluarga, kecemasan lenyapnya sumber keuangan (terutama mereka yang ingin lari dari rumah) (Arisman, 2009). Kehamilan remaja juga berimplikasi pada kehidupan remaja selanjutnya. Remaja dengan kehamilan dini biasanya tidak menyelesaikan pendidikannya (putus sekolah).(Atmajaya, 2009) 

0 komentar: