27 June 2012

Gambaran Pengetahuan Remaja Putri Tentang Dismenorea di XXXX


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Masa remaja merupakan masa yang sangat penting, sangat kritis dan sangat rentan, karena bila manusia melewati masa remajanya dengan kegagalannya, dimungkinkan akan menemukan kegagalan dalam perjalanan kehidupan pada masa berikutnya, sebaliknya bila masa remaja itu diisi dengan penuh kesuksesan, kegiatan yang sangat produktif dan berhasil guna dalam menyiapkan diri untuk memasuki tahapan kehidupan yang selanjutnya (Abdul, 2009).
Menarche adalah saat haid/menstruasi yang datang pertama kali yang sebenarnya merupakan puncak dari serangkaian perubahan yang terjadi pada seorang remaja putrid sedang menginjak dewasa, dan sebagai tanda sudah mampu hamil.Usia remaja putrid saat mengalami menarche bervariasi lebar, yaitu antara usia 10-16 tahun, tetapi rata-rata pada usia 12,5 tahun. Stastistik menunjukan bahwa usia menstruasi dipengaruhi factor keturunan, keadaan gizi dan kesehatan umum (Sarwono,1999).

Dismenore menjadi satu masalah tersendiri yang banyak dialami kaum wanita. Bahkan lebih dari 50% wanita yang menstruasi mengalami dismenore. Sehingga hal tersebut menjadi faktor penyebab terbanyak absennya para kaum wanita pada jam kerja atau sekolah. Gejalanya meliputi : nyeri pada perut bagian bawah, mual, muntah, diare, cemas, depresi, pusing, nyeri kepala, letih lesu, bahkan sampai pingsan. Keluhan-keluhan ini berlangsung selama beberapa jam, sampai beberapa hari umumnya tidak lebih dari 3 hari (Friday, 2005)

0 komentar: